Lidi Pamong Belajar
Untuk membantu rekan-rekan pamong belajar mendowload data LIDI pamong belajar klik di sini (lidi pamong belajar)Beda LKN dan LKT
Tahun ini dalam lomba apresiasi PTK PAUDNI yang akan diselenggarakan di Batam terdapat 2 jenis lomba, tidak seperti tahun 2012 selain ke dua itu terdapat orseni.apa beda LKT dan LKN berikut ini saya kutip dari http://fauziep.blogdetik.com.
Pada apresiasi PTK PAUDNI pada tahun 2012, yang dulu bernama Jambore PTK PAUDNI, terdapat lomba karya nyata (LKN) dan lomba karya tulis (LKT). Dokumen kedua jenis lomba ini sama-sama diformulasikan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Lalu apa beda antara LKN dan LKT?
Lomba karya nyata (LKN) adalah
hasil pengalaman langsung sebagai PTK-PAUDNI baik individual maupun
kelompok pada bidang pembelajaran atau pengelolaan program/kegiatan
PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan/kekhasan/keunikan tertentu
(bukan hasil penelitian/penelitian tindakan) yang dapat diadopsi oleh
PTK-PAUDNI lainnya, tidak perlu mengutip peraturan, teori dan daftar
pustaka.
Kata kunci pertama dari LKN adalah hasil pengalaman langsung bukan berupa gagasan atau ide yang akan dilakukan.
Kata kunci kedua adalah memiliki nilai-nilai keunggulan, kekhasan, dan
keunikan tertentu. Artinya pengalaman langsung yang sifatnya biasa-biasa
atau standar akan sulit meraih sekor yang tinggi. Hanya pengalaman
langsung yang memiliki keunggulan, kekhasan, dan keunikan tertentu
dibandingkan dengan pelaksanaan program sejenis yang mampu bersaing.
Sistematika dokumen karya nyata
biasanya terbagi menjadi empat bab. Bab I berisi pendahuluan yang
terdiri dari latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Kendala berarti
biasanya ditemukan pada merumuskan latar belakang. Pengalaman banyak
orang biasanya sulit untuk merumuskan latar belakang untuk masuk ke
dalam persoalan mengapa mengangkat judul dan tema karya nyata.
Bab II, berupa profil lembaga
atau program/satuan PAUDNI yang diangkat dalam judul karya nyata.
Deskripsikan berbagai aspek atau komponen profil lembaga atau satuan
PAUDNI.
Bab III, mendeskripsikan
keunggulan, kekhasan, dan keunikan. program atau satuan PAUDNI dengan
berbagai aspek dan tinjuan sehingga meyakinkan pembaca/yuri. Deskripsi
pada bab ini harus bisa menunjukkan orisinalitas karya, keefektivan,
keefisienan, serta dampak atau manfaat bagi penyelenggaraan PAUDNI. Di
samping itu harus bisa menunjukkan karya nyata telah dilakukan di
lapangan dan berkesinambungan.
Dan Bab IV, seperti biasanya
adalah penutup. Perlu pula dilampirkan berbagai porto folio terkait
dengan karya nyata yang dilakukan.
Sementara itu, lomba karya tulis (LKT) adalah
hasil pemikiran/gagasan/ide PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok
yang berisi tentang inovasi program/kegiatan yang dapat dijadikan acuan,
rujukan, pemecahan masalah, peningkatan mutu pembelajaran atau
pengelolaan program PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu
(bukan merupakan hasil penelitian atau penelitian tindakan) dan layak
untuk diterapkan pada bidang PAUDNI.
Perbedaan pokok antara LKT dan
LKN adalah bahwa LKT merupakan hasil pemikiran/gagasan/ide jadi boleh
belum dilaksanakan secara berkesinambungan di lapangan. Berbeda dengan
LKN yang harus sudah dilakukan secara berkesinambungan. Karena itulah,
pada aspek penilaian kualitas isi disamping orisinalitas, kekhasan, maka
LKT harus memiliki inovasi, kejelasan alur pikir dalam tulisan, dan
kelengkapan dan keseuaian data pendukung (empiris dan teoritis) yang
valid.
Kelompok lomba perorangan yang termasuk lomba karya nyata adalah:
- Pengelola PAUD, pengelolaan PAUD Terpadu (TK/KB/TPA/SPS)
- Pengelola Kursus dan Pelatihan, inovasi pemasaran lembaga kursus dan pelatihan terhadap program dan produk kursus
- Pengelola PKBM, strategi pengelolaan jejaring kerja untuk kemandirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
Kelompok lomba perorangan yang termasuk lomba karya tulis adalah:
- Pendidik PAUD (TPA/KB/TK/SPS), Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan Jamak untuk Anak Usia Dini
- Pamong belajar P2PNFI/BPPNFI/BPKB/SKB, pengembangan media pembelajaran interaktif bagi PAUDNI
- Penilik, dengan tema metode pelaksanaan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI dalam Penyelenggaraan PAUDNI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar